8 Cara Diet Air Putih yang Direkomendasikan

8 Cara Diet Air Putih yang Direkomendasikan

Selain sebagai pelepas dahaga, air putih juga bisa digunakan sebagai cara diet yang cukup ampuh. Banyak pelaku diet yang sudah mencoba dan membuktikan keefektifan nya. Bahkan mereka mengaku tanpa menambahkan aktivitas rutin berolahraga untuk mendapatkan berat badan ideal. Kok bisa? Tentu bisa, namun juga ada aturan yang harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Memiliki berat badan ideal, sehat dan bugar, tentu menjadi idaman bagi setiap orang, terutama perempuan. Bagi sebagian wanita, badan ideal menjadi kebanggaan tersendiri karena dapat menambah nilai lebih dalam hal penampilan. Tidak heran jika banyak yang rela melakukan apapun untuk mendapatkannya. Beberapa wanita juga rela melakukan program diet yang tergolong ekstrem. Memang efektif, namun ada risiko yang harus siap dihadapi ketika melakukannya.

Berbeda dengan cara diet air putih, terbukti aman dan tanpa efek samping. Diet dengan media air putih bisa menjadi pilihan praktis bagi anda yang takut melakukan diet jenis lain yang mengandung banyak risiko.

Cara Diet Air Putih yang Direkomendasikan

Diet Air Putih yang Direkomendasikan
Image by Okadoc.com

Meskipun banyak program diet yang ditemui saat ini, namun pilihan banyak wanita jatuh pada program diet yang satu ini, yakni dengan air putih. Bukan tanpa alasan, selain efektif dan sudah terbukti, tidak perlu waktu lama untuk melakukan jenis diet yang satu ini. Rata-rata waktu yang dibutuhkan yakni 72 jam tau 3 hari penuh. Anda juga bisa menambah durasi waktu tersebut sesuai kebutuhan.

Faktor lain yang menjadikan diet alami ini banyak dipilih yaitu murah, bahkan hampir tanpa biaya karena yang dibutuhkan hanya air putih. Berbeda dengan jenis diet lain yang harus mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang kebanyakan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Dari semua alasan tersebut, alasan atau faktor paling utama yakni dari segi keamanan karena tidak ada efek samping apapun.

Meskipun tergolong aman dilakukan siapa saja, namun tetap harus memperhatikan polanya. Maksud dari pola yakni waktu dan juga batas konsumsi air tersebut. Supaya lebih jelas, berikut cara diet air putih yang direkomendasikan banyak ahli diet di dunia!

1. Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur

Image by Hellosehat.com

Kurang lebih selama 8 jam ketika tidur, tubuh tidak mendapat asupan makanan apapun. Ketika bangun, hal pertama yang ada di pikiran pastinya makanan. Hal tersebut sebaiknya dihindari dengan minum air putih. Adapun banyaknya jumlah air yang harus diminum yakni setidaknya 2 gelas sebelum melakukan aktivitas apapun, termasuk makan.

Kebiasaan ini dapat membantu tubuh melaksanakan tugasnya, yaitu proses metabolisme. Cairan tubuh yang sebelumnya berkurang selama 8 jam pun menjadi terpenuhi karena kebiasaan tersebut. Hasilnya, tubuh bisa melakukan proses metabolisme secara sempurna dengan membersihkan usus dan buang air menjadi lancar.

Bukan hanya itu, ketika anda minum 2 gelas air putih ketika bangun tidur, rasa lapar yang melanda akhirnya sedikit hilang. Dengan demikian, anda tidak perlu mengkonsumsi sarapan berlebih. Hal inilah yang menyebabkan bahwa kebiasaan minum air ketika bangun tidur dapat menurunkan berat badan. Tidak percaya? Silahkan dicoba sendiri ya!

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum Air Putih Sebelum Makan
Image by Wowkeren.com

Sebagian orang sudah membuat jadwal dalam hal aktivitas makan. Normalnya dalam sehari bisa dilakukan sebanyak tiga kali. Banyak dari mereka yang tidak memperhatikan hal penting sebelum makan, yaitu dengan minum segelas air putih. Kebiasaan ini juga bisa menjadi cara diet air putih yang ampuh. Dengan minum air sebelum makan, anda bisa mengontrol nafsu makan karena perasaan lapar sudah sedikit hilang.

Manfaat lain yang bisa didapat dari terapi air sebelum makan ini yaitu penyerapan nutrisi yang lebih optimal. Hal inilah yang membuat anda akan semakin sehat dan bugar karena tidak ada nutrisi yang hilang pada saat mengkonsumsi makanan.

Perlu diketahui, aktivitas yang satu ini lebih baik dilakukan daripada minum air disela makan. Maksudnya, ada orang yang mempunyai kebiasaan makan yang diselingi dengan minum air hingga waktu makan selesai. Kebiasaan ini tidak sehat, bahkan bisa berakibat cegukan karena dapat merespons otot perut secara tidak sengaja.

3. Pada Saat Lapar

Image by Freepik.com

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan yakni langsung makan ketika merasa lapar. Memang tidak salah, namun jika anda ingin mengurangi berat badan berlebih, kebiasaan tersebut bisa menjadi salah. Sebaiknya ganjal perut sesaat setelah merasa lapar, apalagi jika saat lapar tersebut diluar jam makan. Selain mengurangi nafsu makan, anda juga bisa merasakan manfaat lain seperti mengurangi camilan.

Ada perbedaan antara lapar dan haus, anda harus memperhatikan dengan jeli masalah ini. Tidak sedikit orang yang menyamakan antara hanya sekadar haus atau lapar. Kemudian mereka langsung mengambil makanan untuk mengisi perut. Padahal banyak kasus ketika rasa lapar tersebut dikarenakan efek dari rasa haus.

Oleh sebab itu, coba anda minum segelas atau dua gelas air untuk memastikannya. Jika beberapa menit perut kembali merasa lapar, artinya anda memang lapar. Namun jika sudah tidak merasa lapar lagi, anda bisa menghiraukan rasa lapar tersebut. Selain itu, anda bisa merasakan tubuh tetap segar karena asupan cairan selalu terpenuhi.

4. Minum Air Putih 2 Jam Sekali

Minum Air Putih 2 Jam Sekali
Image by Sigmbi.org

Dua liter, atau 8 gelas sehari adalah jumlah minimal yang harus dikonsumsi. Sebagian orang salah paham akan hal itu dan menganggap kebalikannya, bahwa 8 gelas merupakan jumlah maksimal. Agar lebih efektif, anda bisa menerapkan pola minum air putih 2 jam sekali. Dengan demikian, anda tetap mendapatkan asupan air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari.

Ingat, 2 jam sekali bukan berarti tidak harus minim air putih disela waktu tersebut ya. Anda tetap bisa menambahkan jumlah air yang dikonsumsi karena 2 jam sekali maksudnya aktivitas wajib yang harus dilakukan. Jika di total, setidaknya anda mendapatkan jumlah minimal 12 gelas dalam sehari, tergantung aktivitas dan waktu efektif selain tidur.

Minum air putih 2 jam sekali juga membantu memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan. Anda bisa mengetahui apakah tubuh sudah cukup cairan atau masih kurang dengan melihat warna urine. Bagi tubuh yang kekurangan cairan biasanya mempunyai warna urine kuning pekat. Sebaliknya, jika cairan dalam tubuh terpenuhi, warna urine kuning terang atau bahkan putih.

5. Ganti Minuman Manis dengan Air Putih

Ganti Minuman Manis dengan Air Putih
Image by Halodoc.com

Tidak dapat di pungkiri bahwa minuman lain juga diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi nilai kalori, seperti minuman manis yang mengandung gula. Akan tetapi lebih baik dihindari jika anda sedang dalam proses menurunkan berat badan. Apalagi rasa manis tersebut didapat dari gula buatan atau bahan sintesis lainnya. Selain bisa menggemukkan badan, bahan tersebut juga dapat menimbulkan penyakit.

Minuman manis yang dimaksud bisa dari banyak jenis, bisa minuman kaleng atau minuman manis buatan sendiri. Lebih baik semuanya dihindari untuk menyukseskan program diet yang dilakukan. Memang kalori merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh, namun anda sudah mendapatkannya dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jadi tidak perlu lagi mendapatkannya dari minuman, apalagi jenis minuman bersoda.

Intinya, apapun yang masuk dalam tubuh yang berupa cairan harus diganti dengan air putih. Namun tidak termasuk makanan berkuah ya, karena untuk jenis makanan tertentu pastinya tidak nikmat ketika tidak berkuah. Jangan sampai program diet yang anda lakukan mengganggu cita rasa dari makanan yang dikonsumsi.

6. Minum Air Putih Sebelum Olahraga

Minum Air Putih Sebelum Olahraga
Image by Hellosehat.com

Aktivitas olahraga sangat membatu untuk program penurunan berat badan agar lebih efektif. Dari semua jenis program diet, semua menyarankan aktivitas yang satu ini sebagai pendukungnya. Memang tidak salah karena banyak riset yang sudah membuktikan. Alangkah lebih baiknya jika olahraga tersebut juga dibarengi dengan diet air putih, yakni dengan cara minum air putih sebelum olahraga.

Aktivitas tersebut dapat mengganti cairan yang akan keluar dari dalam tubuh karena keluarnya banyak keringat. Anda juga tidak merasa kehausan selama melakukan aktivitas sehingga performa tubuh lebih terjaga. Hal ini dikarenakan tubuh telah terhidrasi sebelumnya, baik dari otot, persendian, dan juga bagian tubuh penting lainnya.

Akan tetapi anda juga harus memperhatikan banyaknya air dan juga waktu sebelum meminumnya. Banyak air putih yang disarankan yakni 500ml selang 1 jam sebelum olahraga, atau juga 250ml terhitung 30 menit sebelumnya. Jumlah tersebut juga bisa disesuaikan dengan kondisi, namun mengenai waktu sebisa mungkin tidak diubah. Apalagi jika anda minum 5 menit sebelum olahraga, pasti merasakan tubuh yang tidak enak selama aktivitas tersebut.

7. Minum Air Putih Sesudah Olahraga

Minum Air Putih Sesudah Olahraga
Image by Rimedinonna.com

Jika sebelum olahraga banyak yang belum mengetahui manfaatnya, yang satu ini pastinya banyak yang tau, dan bahkan dilakukan tanpa harus disuruh. Selain sebagai pelepas dahaga setelah olahraga, ternyata minum putih setelah kegiatan tersebut juga mampu mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan perut yang sebelumnya lapar menjadi berkurang karena minuman yang masuk dalam tubuh.

Tujuan dari minum air putih setelah olahraga tidak lain untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Tidak heran jika anda merasa haus dan segera ingin minum sesaat setelah melakukannya. Namun juga tidak boleh asal, yakni dengan melakukannya secara bertahap. Sebisa mungkin jangan langsung minum terlalu banyak karena bisa mengakibatkan keram perut.

Bagi yang sedang melaksanakan program diet, pastikan air yang diminum bukan dari jenis air manis. Anda bisa mendapatkan kalori untuk menghasilkan energi tubuh dari makanan lain seperti daging atau sayuran. Hal lain yang harus diperhatikan yaitu dengan menghindari minuman dingin, alias es. Selain menghambat proses diet, air dingin atau es juga tidak bagus untuk kesehatan karena mengakibatkan pembekuan darah secara drastis setelah aktivitas olahraga.

8. Sebelum Makan Camilan

Sebelum Makan Camilan
Image by Health.detik.com

Program diet yang disarankan yakni dengan mengurangi camilan agar hasilnya lebih efektif. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa anda tetap melakukannya karena kebiasaan. Jika tidak bisa menghilangkan kebiasaan tersebut, sebaiknya minum air putih terlebih dahulu sebelum makan camilan.

Lagipula anda sedang tidak melakukan program diet tertentu bukan? Artinya anda sedang melakukan diet dengan cara murni menggunakan air putih sebagai media utamanya. Oleh sebab itu, makan camilan juga tidak dilarang dan masih tetap diperbolehkan.

Kesimpulan

Banyak manfaat yang didapat dari air putih yang sering diabaikan, salah satunya untuk diet menurunkan berat badan. Meskipun anda sedang tidak menjalankan program diet, ada baiknya tetap menjalakan semua aktivitas diatas. Selain murah, semua yang berhubungan dengan air putih pasti menyehatkan.