10 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah Menurunkan Kolesterol

Konsumsi buah diketahui mampu memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Inilah jenis buah yang dapat membantu turunkan kolesterol tinggi, seperti alpukat, apel dan juga beragam beri.

Ketika kolesterol sedang tinggi, maka Anda perlu untuk memperhatikan konsumsi makanan tiap harinya. Sebab, kadar kolesterol yang tinggi akan membuat Anda bisa dengan mudah terkena komplikasi penyakit yang lain, seperti stroke dan jantung. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencegah timbulnya penyakit satu ini, bisa mulai mengkonsumsi berbagai jenis buah yang cocok untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

1. Buah Semangka

Semangka
Image Credit: Solopos.com

Buah pertama yang baik untuk Anda konsumsi adalah semangka. Buah yang memiliki ciri ciri berkulit hijau dan mempunyai daging berwarna merah segar ini, sangat baik untuk penderita kolesterol. Bukan tanpa sebab, buah yang memiliki rasa segar ini memiliki kandungan likopen yang terdapat di dalamnya. Likopen sendiri dapat berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.

Bahkan di dalam semangka, terdapat kandungan likopen yang lebih tinggi yakni 1,5 lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang berukuran sedang. Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan asam amino sitrulin yang akan membuat pembuluh darah melebar. Sehingga, tak akan membuat tekanan darah menjadi meningkat tiba tiba setelah berolahraga. Dengan tersusun dari 92 persen kandungan air, maka akan membuat Anda selalu terhidrasi.

2. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Tomat menjadi salah satu buah yang bagus untuk turunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan yang kaya akan kalium serta vitamin A dan C. Adanya senyawa likopen yang terdapat di dalam tomat juga akan berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol LDL yang ada di dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga diperkuat berdasarkan penelitian yang mengatakan dengan mengkonsumsi tomat sebanyak 60 gram saja, sudah cukup untuk tubuh.

Hal ini dikarenakan dengan Anda mengkonsumsi tomat dengan porsi tersebut, baik pasta tomat maupun sari buah tomah akan bisa untuk memperoleh khasiat yang terdapat di dalam buah satu ini. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah untuk mendapatkan buah satu ini dimanapun. Ditambah dengan harganya yang terjangkau, membuat Anda bisa menyetoknya dalam jumlah yang banyak.

Sehingga, tomat menjadi salah satu buah yang bagus untuk penderita kolesterol. Untuk itu, apabila Anda mendapati kadar kolesterol di dalam tubuh mengalami peningkatan, maka tak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi tomat secara rutin. Dengan memakan tomat, maka secara tidak langsung Anda juga akan menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan pada organ jantung.

BACA:  Kenali Ciri-Ciri & Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

3. Zaitun

Zaitun
Image Credit: Medium.com

Buah zaitun merupakan salah satu jenis buah yang jarang dikonsumsi orang secara langsung. Biasanya, orang akan lebih sering untuk menggunakan minyak zaitun di dalam memasak atau pun untuk kecantikan. Namun, bagi Anda yang menderita kolesterol tak ada salahnya untuk mencoba mencicipi buah yang memiliki rasa lezat ini. Pasalnya, banyak kandungan baik yang terdapat di dalam buah zaitun dan sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dengan mengkonsumsi buah zaitun, ternyata mampu untuk membasmi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sebab, buah satu ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan juga adanya vitamin E yang mampu untuk meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu, di dalam zaitun juga mengandung hydroxytyrosol yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga, akan mampu mencegah adanya peradangan di dalam tubuh.

4. Buah Jeruk

Jeruk
Image Credit: Dream.co.id

Buah berwarna oranye yang dikenal memiliki rasa masam ini juga menjadi salah satu buah yang bagus untuk penderita kolesterol. Pasalnya, buah penurun kolesterol ini memiliki serat larut air yang berfungsi untuk mengikat jumlah kolesterol yang ada di dalam usus halus. Selain itu, di dalam jeruk juga memiliki kandungan zat lain yakni d-limonene. Dimana senyawa kimia tersebut akan berfungsi untuk melarutkan kolesterol.

Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga bisa menghambat pertumbuhan dari kanker usus hingga kanker payudara. Selain memiliki banyak kandungan yang baik, jeruk juga memiliki sensasi rasa yang segar ketika masuk ke mulut. Sehingga, Anda nantinya tidak akan bosan untuk mengkonsumsi buah satu ini setiap harinya. Terutama, bagi Anda yang sedang ingin menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Jambu Biji

Jambu Biji
Image Credit: Okezone.com

Buah yang sangat bagus untuk mengobati penyakit demam berdarah ini, ternyata juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya kandungan flavonoid akan memiliki peran di dalam mencegah resiko kerusakan jantung yang diakibatkan oleh adanya radikal bebas. Selain itu, ada pula kandungan serat larut air dan kalian yang akan membantu menurunkan tekanan darah sekaligus kolesterol.

Hal ini dipertegas dengan adanya penelitian yang menunjukkan jika Anda rutin mengkonsumsi buah ini setiap harinya dengan porsi sebanyak 900 gram, akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL secara signifikan. Dengan banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi buah satu ini, maka Anda bisa mulai rutin untuk meminumnya dalam bentuk jus atau memotongnya dan dikonsumsi secara langsung.

6. Pepaya

Pepaya
Image Credit: Halodoc.com

Pepaya merupakan salah satu buah dengan harga yang terjangkau dan bisa Anda temukan dimana pun. Tak hanya bagus untuk atasi sembelit, ternyata pepaya juga dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Buah satu ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, diantaranya seperti kaya akan antioksidan, vitamin E, vitamin C hingga likopen.

BACA:  15 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh & Mudah Didapatkan

Apabila di dalam tubuh terjadi proses oksidasi, maka kolesterol nantinya akan menempel di daerah pembuluh darah hingga menyebabkan timbulnya plak. Hal tersebut tentu saja akan memiliki potensi untuk menghambat aliran pembuluh darah sehingga tidak lancar. Nah, jika Anda mengkonsumsi pepaya secara rutin, maka kandungan vitamin C dan E yang terdapat di dalamnya akan bersatu dengan enzim yang ada di dalam tubuh yakni, paraxonase.

Dengan adanya penyatuan enzim paraxonase dan vitamin tersebut, akan mampu untuk menghambat terjadinya proses oksidasi yang akan terjadi pada pembuluh darah oleh kolesterol. Dengan penghambatan tersebut akan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Sehingga, buah satu ini cukup bagus bagi Anda yang sedang menderita kolesterol tinggi.

7. Buah Pir

Buah Pir
Image Credit: Jovee.id

Buah yang dikenal memiliki rasa yang menyegarkan ini menjadi deretan makanan selanjutnya yang bisa Anda konsumsi untuk turunkan diabetes. Adanya kandungan serat larut air yang terdapat di dalam buah satu ini sangat baik untuk penderita kolesterol. Selain itu, buah ini menjadi sumber serat alami yang bisa Anda dapatkan. Karena dengan mengkonsumsi satu buah pir saja, Anda bisa memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan serat harian.

Hal ini dikarenakan adanya jenis serat yang terdapat di dalam buah pir, yakni serat pektin. Pektin sendiri berfungsi sebagai karbohidrat kompleks yang bisa membantu untuk membersihkan usus dan juga melancarkan BAB. Tak hanya itu saja, buah satu ini juga sangat bagus untuk penderita kolesterol dikarenakan dengan adanya pektin tersebut akan mampu untuk mengikat kolesterol di dalam tubuh.

8. Pisang

Pisang
Image Credit: Tipskes.com

Buah yang digemari oleh berbagai kalangan karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis ini menjadi salah satu yang wajib Anda konsumsi untuk turunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan pisang bekerja secara maksimal untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghilangkan endapan lemak yang ada di sistem pencernaan. Dengan begitu, endapan lemak tersebut akan tidak bisa masuk ke aliran darah maupun menyumbat arteri.

Apabila pembuluh darah terbebas dari plak lemak, maka hal ini akan mampu mencegah Anda dari terkena kolesterol yang tinggi. Selain itu, tentu saja kesehatan pada jantung dan organ pun akan tetap terjaga. Anda bisa mengkreasikan pisang tersebut dengan mencampurkan oatmeal atau pun chia seed sebagai menu sarapan sehat setiap harinya.

9. Apel

Apel
Image Credit: Hellosehat.com

Apel juga merupakan salah satu buah yang bisa Anda konsumsi ketika sedang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi apel secara rutin, akan mampu menurunkan kadar kolesterol yang terdapat di dalam darah. Dengan adanya senyawa polifenol yang terdapat di dalam apel akan berfungsi sebagai antioksidan. Anda pun dapat menemukan manfaat satu ini di dalam kulit apel.

BACA:  Inilah Daftar Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Selain itu, apel juga memiliki kandungan pektin yang serupa dengan yang dimiliki oleh buah pir. Dengan adanya kandungan pektik tersebut akan berfungsi untuk menyerap kolesterol yang ada di dalam tubuh. Tak hanya sampai disitu saja, pektin juga akan menyerap lemak jahat yang ada di dalam usus halus. Kemudian, kolesterol dan lemak tersebut akan dikeluarkan bersama dengan feses dan urin.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi buah satu ini. Mulai dari memotong dan memakanya secara langsung, hingga membuat jus dan mengkonsumsinya setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa untuk mengkonsumsi cuka apel yang akan berfungsi lebih ampuh untuk meningkatkan HDL di dalam tubuh. Untuk Anda yang menderita diabetes tipe 2, dengan cuka apel akan mampu meningkatkan sensitivitas dari insulin.

10. Mangga

Mangga
Image Credit: Tirto.id

Buah tropis yang mudah untuk Anda temukan di Indonesia adalah mangga. Hal ini disebabkan banyak rumah yang memiliki pohon mangga, sehingga Anda pun akan lebih mudah untuk menemukannya. Selain mudah dicari, buah satu ini pun memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga akan cocok bagi Anda yang sedang mencari buah untuk turunkan kolesterol

Dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya, akan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan kandungan kalium yang berfungsi untuk menyeimbangkan sel pada cairan tubuh. Kalium tersebut juga akan memiliki manfaat untuk mengontrol detak jantung dan juga tekanan darah di dalam tubuh.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Selain memiliki rasa yang manis, buah dengan ciri khas berwarna kuning ini akan mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi buah ini secara rutin.

Itulah beberapa jenis buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, untuk menghindari terkena penyakit satu ini, maka Anda juga wajib untuk mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan apabila Anda masih sembarangan di dalam mengkonsumsi makanan, kadar kolesterol pun akan semakin meningkat. Untuk itu, selain mengkonsumsi buah, perlu juga didukung pola hidup yang sehat.