66+ Model Baju Gamis Batik Modern Trendi Terbaru

66+ Model Baju Gamis Batik Modern Trendi Terbaru

Baju gamis atau juga biasa dikenal sebagai baju kurung, merupakan salah satu jenis pakaian yang selalu menjadi pilihan utama bagi perempuan muslimah. Selain untuk menjalankan perintah agama, memakai baju yang menutup aurat juga bisa membuat kulit terlindungi dari sinar UV dan polusi. Baju gamis, tidak hanya memiliki satu jenis saja tetapi ada beberapa jenis. Mulai dari gamis modern, gamis syar’i, gamis brokat, hingga gamis batik.

Berbicara mengenai gamis batik, baju kurung tersebut menjadi salah satu jenis gamis yang populer di kalangan masyarakat. Hal tersebut karena masih banyak yang menggemari kain batik. Tidak hanya sekedar melestarikan kebudayaan, ada juga sebagian orang yang gemar dengan corak dan warna yang dimiliki kain tersebut. Apalagi pakaian dari batik juga sangat cocok dikenakan untuk menghadiri berbagai jenis acara. Untuk tahu beberapa jenis gamis batik, yuk simak ulasan ini.

Gamis Batik Modern

Kain dengan motif batik, sering kali dikaitkan dengan kata kuno dan kaku. Sehingga ada beberapa kalangan yang menghindari jenis kain tersebut. Tidak sedikit yang beralasan bahwa saat mengenakan baju batik akan terlihat tua dan ketinggalan zaman. Padahal jika jeli dalam memilih corak dan warna, maka bisa menemukan kain batik yang tidak terlihat kuno dan ketinggalan zaman.

Gamis Batik Modern KhanzaGamis Batik Modern Nuun
Gamis Batik Modern ToyoboGamis Batik Modern Songket
Gamis Batik Modern AnayaGamis Batik Modern Akisara
Gamis Batik Modern CitraGamis Batik Modern Maze
Gamis Batik Modern ZipperGamis Batik Modern Zoela

Dimana motif dan warna yang terlihat modern tersebut, cocok dijadikan bahan berbagai jenis pakaian. Mulai dari kemeja, baju atasan, celana, rok, atau juga gamis. Siapa yang bisa menyangka bahwa kain batik bisa menjadi gamis yang begitu modern? Dengan pilihan warna, corak, dan desain yang tepat kain batik bisa disulap menjadi busana yang begitu modern.

Kini dengan berbagai banyak model baju kurung modern, membuat kain batik kembali dilirik untuk dijadikan material dasar. Dimana baju gamis batik tersebut akan sangat cocok bila berpasangan dengan kemeja dengan motif batik yang sama. Bahkan tidak jarang banyak perempuan yang memilih gamis dengan material kain batik sebagai busana di hari raya Lebaran.

Gamis Batik Kombinasi Polos

Tidak hanya 100 persen dengan bahan kain batik saja, gamis batik juga bisa sangat menawan saat dikombinasikan dengan kain polos. Seperti yang diketahui bahwa kain batik adalah kain yang penuh corak unik dan juga warna, sehingga akan sangat elok jika dikombinasikan dengan kain berwarna polos. Biasanya kain batik dengan warna dasar coklat akan sangat cantik bila dikombinasikan dengan kain coklat polos.

Gamis Batik Kombinasi Polos FaniaGamis Batik Kombinasi Polos Maheswari
Gamis Batik Kombinasi Polos HitamGamis Batik Kombinasi Polos Attin
Gamis Batik Kombinasi Polos NailaGamis Batik Kombinasi Polos Adara
Gamis Batik Kombinasi Polos VihanGamis Batik Kombinasi Polos Zoela
Gamis Batik Kombinasi Polos SekarGamis Batik Kombinasi Polos Navy

Jika tidak terlalu menyukai warna dan corak batik menjadi dominan, maka bisa memilih komposisi kain polos lebih banyak. Kain polos tersebut bisa disisipkan dibagian mana saja, entah itu di bagian lengan, di bagian dada, atau juga bisa di bagian rok busana gamis. Kain polos bisa diletakkan dibagian mana pun, tergantung dengan model gamis yang Anda inginkan.

Gamis Batik Kombinasi Brokat

Tidak hanya cantik bila dikombinaskan dengan kain polos, gamis dengan bahan kain batik juga bagus saat dikombinasikan dengan brokat. Kain brokat sendiri memiliki berbagai motif yang tidak kalah beragam dari kain batik, namun kebanyakan brokat hanya akan memiliki satu warna saja. Sehingga saat dikombinasikan dengan brokat tidak akan terlihat terlalu “ramai”. Ada baiknya jika mengkombinasikan kain brokat dengan gamis batik untuk memilih warna yang senada.

Gamis Batik Kombinasi Brokat LilianaGamis Batik Kombinasi Brokat Brocade
Gamis Batik Kombinasi Brokat ArsyillaGamis Batik Kombinasi Brokat Cinderella
Gamis Batik Kombinasi Brokat CendrawasihGamis Batik Kombinasi Brokat Pritania
Gamis Batik Kombinasi Brokat LenkaGamis Batik Kombinasi Brokat Ahimsa

Biasanya kain brokat yang dikombinasikan dengan gamis dari bahan batik akan diletakkan pada bagian atas, yang kemudian bagian bawah atau roknya menggunakan kain batik. Gamis dari kain batik yang dikombinasikan dengan brokat akan terlihat elok, jika menggunakan perpaduan warna yang tepat. Contohnya seperti saat Anda memiliki kain batik berwarna coklat dengan aksen warna pastel di dalamnya, maka bisa dipadukan dengan kain brokat yang berwarna pastel.

Gamis Batik Couple

Seperti yang diketahui, bahwa kain batik populer digunakan sebagai material baju di kalangan masyarakat. Beberapa kalangan, seperti sepasang suami istri atau keluarga acap kali memilih menggunakan busana yang seragam. Dan salah satu jenis kain yang sering dipakai sebagai seragam adalah kain batik. Sehingga tidak mengherankan jika akan menjumpai banyak pedagang yang menawarkan batik couple.

Gamis Batik Couple MaroonGamis Batik Couple Amelia
Gamis Batik Couple DzakironGamis Batik Couple Andrawina
Gamis Batik Couple KamajayaGamis Batik Couple Maharani
Gamis Batik Couple IlulGamis Batik Couple Oren
Gamis Batik Couple ShofiyaGamis Batik Couple Sarimbit

Biasanya batik couple tersebut terdiri satu baju kemeja untuk laki laki dan satu baju gamis untuk perempuan. Menggunakan busana batik couple dengan pasangan, dapat digunakan untuk memperlihatkan kekompakkan antar suami dan istri. Namun tidak hanya itu, biasanya gamis batik couple akan ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli busana yang terpisah pisah.

Gamis Batik Kantor

Batik merupakan kebudayaan asli milik Indonesia, sehingga sudah menjadi hal yang lumrah jika batik menjadi salah satu dress code suatu instansi ataupun kantor. Bahkan tidak sedikit sekolah sekolah di Indonesia yang menggunakan kain batik sebagai seragam ciri khas sekolah tersebut. Oleh karena itu, banyak kain batik untuk pekerja kantoran atau instansi pemerintah yang dijual oleh pengrajin batik.

Gamis Batik Kantor MonalisaGamis Batik Kantor Zoela
Gamis Batik Kantor SoganGamis Batik Kantor Noah
Gamis Batik Kantor SarahGamis Batik Kantor Nareswari
Gamis Batik Kantor SemsutGamis Batik Kantor Maxy
Gamis Batik Kantor DressGamis Batik Kantor Dinar

Namun, tidak hanya dijadikan sebagai batik seragam kantor saja. Ternyata kain tersebut juga bisa dipakai untuk membuat gamis batik kantor yang terlihat elegan dan menawan. Di pasaran, kain untuk batik pekerja kantoran didominasi oleh warna coklat yang dikombinasikan dengan warna hitam atau cream. Namun juga ada beberapa kain batik kantor dengan warna dasar hitam atau biru.

Gamis Batik Rompi

Busana gamis batik tidak semata mata kain batik yang langsung dijadikan baju terusan panjang. Dan ada kalanya setiap orang memiliki keinginan untuk tampil berbeda dan lebih trendi. Contohnya saja seperti membuat gamis batik yang dikombinasikan dengan rompi dari kain berwarna polos. Atau juga sebaliknya, gamis kain berwarna polos yang dilapisi dengan rompi dari kain batik.

Gamis Batik Rompi BleroGamis Batik Rompi Rayon
Gamis Batik Rompi RushijabGamis Batik Rompi Folia
Gamis Batik Rompi ParangGamis Batik Rompi Alika
Gamis Batik Rompi BlazerGamis Batik Rompi Lamda

Rompi sebagai pemanis dan aksesoris di gamis satu ini, biasanya akan ada beberapa jenis. Diantaranya ada rompi panjang dan rompi pendek. Rompi panjang, biasanya akan memiliki panjang hingga lutut atau bahkan hingga mata kaki. Sedangkan untuk rompi pendek, biasanya panjangnya hanya sampai di bawah bokong. Namun apapun itu jenis rompinya, jika memiliki model yang pas maka gamis dari material batik akan terlihat menawan.

Gamis Batik Anak Perempuan

Siapa bilang batik hanya untuk orang orang yang tua dan kuno? Saat ini sudah banyak yang menawarkan gamis batik untuk anak, utamanya anak perempuan. Seperti yang telah dijelaskan, tidak semua corak dan warna batik akan terlihat tua dan ketinggalan zaman. Sehingga jika kain batik tersebut dirancang dengan tepat, maka gamis dari material batik untuk anak anak pun akan terlihat menarik. Si kecil pun bisa tampil cantik dengan gamis batik miliknya.

Gamis Batik Anak Perempuan RompiGamis Batik Anak Perempuan Larry
Gamis Batik Anak Perempuan Sari KidsGamis Batik Anak Perempuan Naura
Gamis Batik Anak Perempuan SarimbitGamis Batik Anak Perempuan Manggar
Gamis Batik Anak Perempuan LukitaGamis Batik Anak Perempuan Navy
Gamis Batik Anak Perempuan TruntumGamis Batik Anak Perempuan Kombinasi

Cara Memilih Baju Gamis Batik yang Tepat

Baju gamis biasanya banyak dikenakan oleh perempuan muslimah, baik itu untuk penampilan yang kasual ataupun digunakan pada saat akan menghadiri acara formal. Salah satu jenis gamis yang menjadi kegemaran masyarakat Indonesia adalah yang terbuat dari kain batik. Pasalnya kain batik tidak hanya cocok digunakan di acara formal, tetapi juga di acara non formal. Namun sebelum itu, yuk simak cara memilih baju gamis batik yang tepat ini agar tidak salah pilih.

Cara Memilih Baju Gamis Batik yang Tepat

1. Perhatikan Pada Saat Memilih Motif dan Warna Gamis

Batik dikenal memiliki berbagai pilihan warna dan corak yang sangat menonjol bila dibandingkan dengan kain lain. Motif dari kain batik cenderung lebih khas dan terlihat tradisional, begitu pun juga dengan warna dari kain batik. Karena cenderung menonjolkan motif yang unik, biasanya warna kain batik hanya terdiri dari beberapa warna dasar seperti merah, biru, hijau, hitam.

Meskipun motif kain batik nampak tradisional, namun saat dijadikan busana gamis tidak akan memberikan kesan yang kuno. Tergantung dari bagaimana pakaian tersebut dibuat. Oleh karena itu, ada baiknya agar bisa memilih baju gamis yang tepat dengan cara memerhatikan secara seksama motif dan warnanya. Pasalnya jika salah membeli gamis batik dengan motif dan warna yang tidak tepat, akan membuat penampilan menjadi kurang elok.

2. Perhatikan Desain Gamis

Ternyata tidak hanya pada pilihan warna dan corak batik saja. Pemilihan model atau desain dari baju terusan panjang tersebut juga dapat memengaruhi kualitas dan tampilan baju. Agar bisa mendapatkan baju gamis dengan corak batik yang bagus, ada baiknya untuk selalu memerhatikan model baju yang dipilih. Meskipun memiliki warna dan corak batik yang bagus, namun jika baju tidak memiliki model yang bagus maka tidak tepat untuk dipilih.

Oleh karena itu, sebelum membeli ada baiknya juga mempertimbangkan desain busana. Perlu diketahui bahwa biasanya gamis berbagai model, termasuk model batik akan ada yang dijual secara satu set. Dimana akan ada banyak penjual yang menawarkan baju gamis yang disertai dengan jilbab sekalian. Sehingga Anda perlu memutuskan membeli yang mana, yang satu set atau hanya bajunya saja.

3. Kualitas Bahan Gamis Batik

Seperti yang diketahui, bahwa ada banyak pedagang yang menawarkan produk gamis satu set. Dimana biasanya banyak pedagang yang memajang busana tersebut di etalase toko. Kemudian pada saat tertarik dengan busana batik tersebut, langsung saja membeli setelah mencoba gamisnya. Padahal gamis tersebut sudah satu pasang dengan kerudung, namun Anda malah tidak sempat memeriksa kerudungnya.

Ada baiknya hindari tindakan ceroboh tersebut. Sebelum membeli ada baiknya bertanya kepada penjual terlebih dahulu, apakah gamis tersebut dijual bijian atau satu set dengan jilbab. Jika dijual satu set, maka jangan lupa untuk turut mengecek kualitas dari bahan yang digunakan untuk membuat jilbab. Pasalnya jika salah membeli akan sangat berisiko. Ada kemungkinan bahwa bahan kain yang digunakan untuk membuat jilbab bukanlah dari kain yang berkualitas.

4. Pilih Gamis Batik yang Ideal untuk Tubuh

Ternyata motif yang terdapat pada kain batik memiliki pengaruh yang cukup besar untuk penampilan seseorang. Jika Anda memiliki postur tubuh yang sedikit berisi, akan lebih baik jika memilih kain batik yang memiliki corak atau motif yang kecil kecil. Hal tersebut dikarenakan menggunakan gamis batik dengan motif kecil kecil akan membuat penampilan diri terlihat lebih langsing, begitu juga sebaliknya.

Ada banyak jenis kain yang dapat digunakan sebagai material utama baju gamis, salah satunya adalah kain batik. Saat corak, warna, dan model gamis dari kain batik memiliki kombinasi yang seimbang maka busana yang awalnya dibilang “kuno” bisa menjadi busana yang modern dan trendi. Namun perlu diingat, apapun modelnya pastikan bahwa gamis tersebut menutup aurat Anda.