45+ Model Baju Batik Pria Trendi Terbaru

45+ Model Baju Batik Pria Trendi Terbaru

Batik yang menjadi kain khas asal Indonesia ini memiliki motif dan ragam yang banyak. Perlahan namun pasti keberadaannya begitu dicintai oleh masyarakat. Terlihat dari produk dari batik yang semakin hari semakin bertambah. Jika sebelumnya terbatas hanya dalam bentuk baju, kini bisa berupa aksesoris hingga kerajinan dari batik. Dan baju batik hingga kini tak pernah redup, dan banyak diburu sebagai busana modern yang tradisional namun kekinian.

Bukan hanya kaum hawa, kaum adam juga bisa tetap tampil modis dan fashionable dengan busana batik khusus untuk pria. Apalagi kini model batik sangat beragam dan banyak macamnya. Beberapa model sengaja didesain unik dan juga keren, sehingga tidak akan ketinggalan zaman. Mungkin untuk pria modelnya tak akan jauh dari kemeja, hanya saja batik bisa menawarkan berbagai kemeja batik yang nyaman dan juga kekinian.

Apalagi baju batik untuk pria juga bisa digunakan dalam berbagai acara. Khususnya acara cara formal yang membuat kita memang harus terlihat sopan namun tetap trendy. Batik juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya sehingga menghasilkan batu batik yang tidak monoton dan tentunya beragam. Untuk mengenal lebih banyak tentang baju batik untuk pria, Anda bisa menyimak ulasan mengenai baju batik untuk pria sebagai referensi.

Baju Batik Pria Kekinian

Baju batik bagi laki laki yang kekinian kini memang sudah banyak ragamnya. Banyak sekali desaigner yang telah memodifikasi baju batik agar terlihat kekinian. Dan yang paling digandrungi adalah model batik kombinasi. Kombinasi di sini bukanlah dari bahannya, melainkan dari modelnya. Misalnya baju batik pria yang menggabungkan kemeja dengan batik lengan panjang. Model satu ini cukup laris di pasaran dan memiliki banyak penggemar.

Baju Batik Pria Kekinian KantorBaju Batik Pria Kekinian Slimfit
Baju Batik Pria Kekinian HemBaju Batik Pria Kekinian Mustofa
Baju Batik Pria Kekinian ExclusiveBaju Batik Pria Kekinian Casual
Baju Batik Pria Kekinian SavanaBaju Batik Pria Kekinian Jawa

Sebab batik satu ini tidak akan memberikan kesan monoton pada pemakainya. Nantinya dalam baju batik ini akan terdapat kerah pada bagian lehernya. Model ini sangat cocok dijadikan sebagai baju untuk bekerja maupun kondangan. Karena tidak hanya menimbulkan kesan modis, namun juga kesan cool pada pemakainya. Model selanjutnya adalah batik lengan panjang dengan kombinasi baju koko yang tak kalah keren.

Kedua kombinasi ini akan menghasilkan baju yang tidak full dengan motif batik. Baju koko memiliki ciri khas pada bagian leher dengan kerah yang pendek dan juga ada beberapa yang menggunakan kancing. Untuk acara casual, Anda juga bisa menggunakan batik pria yang kekinian dan biasanya berlengan pendek. Untuk modelnya, Anda bisa menyesuaikan dengan model yang saat ini sedang berkembang dan trend, agar tetap terlihat kekinian.

Baju Batik Pria Kombinasi

Jika sebelumnya merupakan kombinasi dalam bentuk modelnya dan masuk dalam jajaran baju batik untuk pria kekinian, yang selanjutnya adalah bahannya. Batik kombinasi tak hanya tren bagi laki laki namun juga bagi perempuan. Batik kombinasi akan menonjolkan motif batiknya di beberapa bagian, sebab dalam satu pakaian tak semuanya menggunakan kain batik. Kain batik bisa diletakkan pada bagian lengannya saja atau sebaliknya jika kombinasi kain polos.

Baju Batik Pria Kombinasi ElangBaju Batik Pria Kombinasi Kemeja
Baju Batik Pria Kombinasi CasualBaju Batik Pria Kombinasi Hem
Baju Batik Pria Kombinasi ManukBaju Batik Pria Kombinasi Ammar
Baju Batik Pria Kombinasi PrimaBaju Batik Pria Kombinasi Kaisa

Sementara untuk kombinasi dua batik sekaligus juga akan menghasilkan model yang lebih unik. Pembuat baju pasti sudah memastikan jika kedua motif yang berbeda tersebut akan terlihat indah. Biasanya ada di bagian kerah atau lengan atau juga bisa dalam satu sisi kanan dan kiri yang berbeda. Untuk lengannya, Anda bisa menyesuaikan dengan acara yang akan dikunjungi, bisa menggunakan lengan panjang ataupun lengan pendek sesuai selera pemakainya.

Baju Batik Pria Slim Fit

Bila Anda menginginkan baju batik yang pas pada badan Anda, maka Anda bisa memilih batik untuk pria yang model slim fit. Banyak yang menyukai baju batik satu ini, karena akan sangat pas saat digunakan. Tidak akan membuat tubuh terlihat kedodoran, namun juga tidak terlalu press body. Penggunaan baju batik satu ini justru akan menonjolkan sisi maskulin dari pemakainya, sehingga bisa lebih keren jika menggunakan baju batik untuk pria ini.

Baju Batik Pria Slim Fit TerbaruBaju Batik Pria Slim Fit Opal
Baju Batik Pria Slim Fit ParamaBaju Batik Pria Slim Fit Sleeve
Baju Batik Pria Slim Fit ArgapanaBaju Batik Pria Slim Fit Sleeve
Baju Batik Pria Slim Fit Lengan PendekBaju Batik Pria Slim Fit Bewok

Untuk modelnya juga cukup banyak, Anda bisa memilih yang berlengan panjang maupun pendek. Yang jelas baju batik slim fit menjadi salah satu jenis baju batik yang begitu banyak peminatnya. Baju batik ini juga bisa digunakan untuk berbagai acara, mulai dari untuk bekerja hingga acara kondangan. Memadukannya dengan celana hitam dan sepatu fantofel akan membuat siapapun terlihat keren dan menampilkan sisi rapi, sopan serta elegan.

Baju Batik Lengan Pendek

Batik lengan pendek sangat cocok untuk acara acara yang sifatnya kasual atau acara semi resmi. Sehingga bisa tampil modis namun juga memberikan kesan yang lebih santai. Baju batik dengan lengan pendek ada banyak modelnya. Anda bisa memilih model kombinasi yang saat ini banyak dipilih. Kemeja lengan pendek dengan kancing di bagian depannya, sangat pas dipadukan dengan celana paham yang pas dengan ukuran tubuh pemakainya.

Baju Batik Lengan Pendek CasualBaju Batik Lengan Pendek Murai
Baju Batik Lengan Pendek KatunBaju Batik Lengan Pendek Merak
Baju Batik Lengan Pendek PrimaBaju Batik Lengan Pendek Perak
Baju Batik Lengan Pendek SenoBaju Batik Lengan Pendek Kemeja

Anda bisa memakainya dengan memasukkan ke dalam celana, atau dibiarkan di luar begitu saja. Untuk kombinasinya bisa pada modelnya maupun pada bahan kainnya. Salah satu yang banyak digunakan adalah perpaduan antara kain batik dan juga kain polos. Ada yang menggunakan kombinasi dengan lebih banyak kain batiknya, ada juga yang lebih banyak pada kain polosnya. Dengan tambahan detail seperti saku bisa menambah kesan kasualnya.

Baju Batik Lengan Panjang

Memilih baju batik lengan panjang sangat cocok bagi Anda yang sering mengunjungi beberapa acara resmi. Selain itu juga bisa digunakan untuk bekerja sehari hari. Pastikan dalam memilih baju batik berlengan panjang memiliki ukuran yang pas untuk Anda. Dan untuk model yang paling banyak disukai oleh para pria adalah baju batik slim fit dengan lengan panjang. Model ini membuat pemakainya terlihat lebih keren dan pas di tubuhnya.

Baju Batik Lengan Panjang SuryadhanuBaju Batik Lengan Panjang Mega
Baju Batik Lengan Panjang HemBaju Batik Lengan Panjang Paris
Baju Batik Lengan Panjang JayaBaju Batik Lengan Panjang Kenongo
Baju Batik Lengan Panjang PekalonganBaju Batik Lengan Panjang Daun

Untuk modelnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Model lengan panjang akan terlihat bagus jika tak perlu di masukkan ke dalam celana. Untuk itu harus pandai pandai dalam menentukan ukuran dari baju batiknya. Bukan hanya pada model, detailnya juga cukup beragam. Ada lengan yang bisa digulung hingga siku, ada pula yang memiliki kancing hingga bawah ada yang sebagian. Silahkan disesuaikan dengan selera dari penggunanya.

Baju Batik Pria Kerah Shanghai

Model dari baju batuk bagi pria memang berkutat pada kemeja atau atasan saja. Namun untuk detailnya cukup beragam. Seperti hadirnya baju pria dengan kerah Shanghai yang juga banyak diminati. Jika biasanya menggunakan kerah model segitiga, kini hadir kerah shanghai yang bisa dijadikan alternatif. Model ini memiliki kerah yang tak terlalu lebar dan menempel pada leher pemakainya. Dengan kancing hingga ke bagian bawah ke meja.

Baju Batik Pria Kerah Shanghai KarawitanBaju Batik Pria Kerah Shanghai Bloom
Baju Batik Pria Kerah Shanghai ArwanBaju Batik Pria Kerah Shanghai Ermin
Baju Batik Pria Kerah Shanghai FafaBaju Batik Pria Kerah Shanghai Bima
Baju Batik Pria Kerah Shanghai BordirBaju Batik Pria Kerah Shanghai Classic

Cara Merawat Baju Batik Agar Awet

Baju termasuk dalam barang yang nantinya bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Terutama baju batik yang kita harus memberikan perawatan agar warnanya tidak pudar. Bukan hanya warna saja, sebenarnya serat serat kainnya juga harus dijaga agar tak mudah rapuh. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa memiliki batik yang awet dan tahan lama. Untuk itu Anda bisa melihat tipsnya dalam poin poin berikut.

Cara Merawat Baju Batik Agar Awet

1. Perhatikan Cara Mencucinya

Jika Anda ingin memiliki batik yang tahan lama, Anda harus melakukan perawatan yang tepat terutama dalam hal pencuciannya. Cara pencucian yang disarankan agar batik tetap awet adalah mencucinya dengan tangan atau manual saja. Dengan mencuci menggunakan tangan, kita menjadi lebih hati hati. Sehingga tidak akan merusak bagian serat kain maupun warnanya tidak pudar. Terutama pada kancing atau detail detail yang cukup rawan.

Jika memang terpaksa mencucinya menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya menggunakan siklus cuci yang putaran yang normal. Sehingga serat kainnya tidak akan tergores atau bahkan membuat warnanya memudar. Untuk Anda yang ingin menggunakan pewangi pakaian tetap diijinkan. Asalkan pewangi memiliki kandungan bahan alami atau bahan yang aman untuk baju batik Anda. Selain itu produk pewangi umumnya bisa menjaga batik dari sinar matahari.

2. Penjemuran Pasca Dicuci

Agar baju batik Anda tetap awet, maka sebaiknya tidak diperas setelah selesai di cuci. Kain batik yang diperas membuatnya rentan untuk luntur warnanya. Atau bahkan bisa membuat serat kainnya yang merapuh. Kemungkinan paling buruknya lunturnya warna bisa menyebar ke bagian yang lainnya. Sehingga membuat batik baik dari warna ataupun kainnya rusak serta memudar. Anda bisa langsung menggantungnya dengan hanger dan membiarkannya kering sendiri.

Anda juga sebaiknya menghindari untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Menjemur di bawah sinar matahari langsung akan membuat warnanya pudar serta membuat baju batik Anda lusuh. Baju batik yang dikeringkan dengan diangin anginkan cenderung memiliki warna yang lebih terjaga begitu juga dengan motifnya. Inilah mengapa sangat penting memperhatikan bagian penjemurannya agar baju batik tetap awet.

3. Proses Menyetrika Juga Harus Diperhatikan

Setelah proses mencuci dan juga mengeringkan selesai, maka Anda juga perlu untuk menyetrika baju batik Anda. Sebaiknya Anda tidak menggunakan temperatur setrika yang terlalu tinggi. Suhu yang terlalu tinggi akan membuat batik kehilangan warna yang dimilikinya. Anda juga bisa meletakkan kain tipis sebagai lapisan ketika menyetrika batik. Dengan begitu baju batik tak akan bersentuhan langsung dengan setrika yang akan membuat warnanya terjaga.

4. Cara Menyimpan yang Baik

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah cara menyimpan baju batik Anda. Untuk meninggalkan lipatan, Anda bisa menggantung baju batik menggunakan hanger. Sehingga baju tidak akan mudah kusut dan baju yang dilipat warnanya juga bisa memudar. Dalam cara merawat baju batik, Anda juga perlu untuk menghindari penggunaan parfum langsung pada kain secara langsung. Kebiasaan ini akan membuat noda tertinggal pada batik.

Terutama batik dengan warna cerah yang nodanya pasti akan terlihat lebih jelas. Anda bisa menggunakan parfum pada bagian tubuh saja. Jika batik sudah ada nodanya membuat tampilan baju batik Anda terlihat lusuh dan kusam. Percuma jika membeli yang mahal namun tidak bisa menjaganya dengan baik. Jika menyeprotkan parfum pada tubuh usahakan memakai pakaian ketika parfum sudah kering.

Batik yang menjadi kain tradisional kebanggaan Indonesia memang bisa digunakan oleh semua gender, baik perempuan, pria hingga anak anak. Hanya saja harus menentukan baju batik berdasarkan modelnya yang pas dengan tubuh. Meskipun baju batik pria lebih mengarah pada atasan, namun tetap memiliki banyak model yang beragam. Memiliki baju batik juga harus merawatnya agar warnanya tak pudar.